Senin, 08 September 2014

Muslim Israel Tahun Ini Akhirnya Bisa Berhaji via Penerbangan

TRIBUNNEWS.COM, TEL AVIV - Ibadah naik haji tahun 2014 ini bakal terasa spesial bagi umat Muslim yang berada di Israel. Pasalnya, tahun ini merupakan kali pertama mereka bisa menggunakan pesawat terbang secara langsung dari Israel ke Arab Saudi.

Kelompok pertama kaum yang tadinya hanya bisa mengujungi Mekah lewat transportasi darat Yordania ini, terdiri dari 766 penumpang. Mereka akan diberangkatkan pada akhir bulan September.
Seperti yang dilansir AFP, Senin (8/9/2014), perusahaan Milad Aviation of Ramle yang mengatur penerbangan para muslim Israel itu akan mencarter pesawat dari Royal Jordanian Airlines dan anak perusahaannya, Royal Wings.
Tarif untuk pulang pergi sekitar US$ 600 atau Rp 7.055.400 (kurs Rp 11,759 untuk setiap 1 Dolar AS).
Pemilik sekaligus CEO Milad Aviation Ibrahim Milad mengatakan, untuk mengatur perjalanan haji perdana menggunakan pesawat ini dibutuhkan kontak dengan pihak berwenang Yordania dan Israel berlangsung selama sekitar tiga tahun.
"Selama kurun waktu itu, saya mengunjungi Yordania sekitar 100 kali untuk mendapatkan persetujuan yang diperlukan," imbuh dia.
Ke depannya, perusahaan ini berencana mengatur penerbangan haji ini sepanjang tahun. Menurut Milad, ada sekitar 4 ribu muslim Israel yang berangkat ke Saudi Arabia setiap tahunnya.
Laporan Wartawan Tribun Lampung Cesariana Sitanggang