Selasa, 20 Mei 2014

Pramugari Salat di Pesawat, Ini Tanggapan Garuda

TEMPO.CO, Jakarta - Seorang pramugari PT Garuda Indonesia Tbk mendadak menjadi bahan perbincangan di jagat media sosial Twitter. Foto pramugari yang belum diketahui namanya itu menyita perhatian publik. Dalam foto itu, pramugari tersebut terlihat sedang bersalat di dalam pesawat. (Baca juga: Inanike, Pramugari Garuda yang Salat di Pesawat).


Menanggapi hal tersebut, juru bicara Garuda, Pujobroto, mengatakan aktivitas ibadah yang dilaksanakan awak kabin tidak mengganggu tugas utama mereka. "Karena ibadah biasanya dilakukan setelah pelayanan selesai dilaksanakan," katanya kepada Tempo, Sabtu, 17 Mei 2014.

Dia mengimbuhkan, awak kabin biasanya melakukan salat di tempat duduk kosong di bagian belakang yang tidak ditempati penumpang. Kalau penumpang penuh, kata dia, awak kabin menjalankan salat di jump seat (tempat duduk khusus bagi awak kabin).

"Tugas utama awak kabin dalam kegiatan penerbangan adalah memberi pelayanan menyangkut aspek service dan safety. Di sela-sela tugas tersebut, pramugari Garuda beribadah," katanya.

Pramugari tersebut mendapat pujian dan simpati dari banyak kalangan di Indonesia dan internasional. Hal itu terjadi setelah seorang warga negara Malaysia, Eddie Putra, membagikan foto sang pramugari saat sedang bersalat di dalam pesawat melalui akun Facebook.

Jepretan Eddy itu mendapat ribuan jempol (like). Foto yang diunggah pada 2 Mei 2014 itu hingga saat ini memperoleh 3.737 jempol dan 108 komentar. Hampir semua komentar memuji awak kabin Garuda tersebut.

"Walau kerja mereka camtu, tapi iman mereka tetap ade dengan menunaikan solat. Selebihnye hanya Allah yang tahu. terbaik (Walau bekerja seperti itu, iman mereka tetap ada dengan menjalankan salat. Selebihnya, Allah yang tahu)," tulis Mat Lang, seorang Facebooker, dalam bahasa Melayu.

ALI HIDAYAT
Sumber